Kepala Desa dan Perangkatnya Harus Memahami Wilayahnya

Kepala Desa dan Perangkatnya Harus Memahami Wilayahnya

Kudus – Setiap pemimpin harus bisa bertanggung jawab atas wilayahnya masing-masing. Modal pertama untuk bisa melakukan hal tersebut adalah dengan mengenal dan memahami wilayah daerah yang dipimpinnya. Sehingga nantinya apapun keputusan yang dibuat, akan menjadi keputusan yang terbaik yang mengakomodir kondisi riil yang ada.

Hal itu disampaikan bupati Kudus, H. Musthofa, saat memimpin apel di halaman kantor camat Dawe pagi ini (11/6). Dihadapan para kepala desa dan perangkat di wilayah kecamatan Dawe, dirinya mengatakan bahwa apa yang dikatakannya tersebut dapat dijadikan modal bagi para kepala desa. “Terlebih bagi para kepala desa yang baru terpilih. Untuk yang terpilih kembali pun justru seharusnya kenal dengan wilayahnya dengan lebih baik lagi”, katanya.

Yang terpenting, menurutnya, adalah bahwa jangan sampai ada putus informasi. “Maka kehadiran saya pada pagi ini adalah bagian dari sinkronisasi informasi yang harus terus kita jaga”, ujarnya sambil menyebutkan bahwa camat harus terus menjaga komunikasinya dengan para kepala desa. Hal itu sekaligus dilakukan untuk semakin meneguhkan alur pemerintahan yang memang harus bersifat tegak lurus.

Dijelaskan bupati, bahwa “tegak lurus” pemerintahan sangat penting dalam menjalankan fungsi pemerintahan. “Pada dasarnya, keberadaan kita adalah untuk melayani masyarakat dengan baik. Dengan punya sikap dan pemahaman yang sama, maka kebijakan yang dibuat oleh pemerintahan yang lebih atas, akan mampu disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat secara luas”, jelasnya.

Apalagi saat ini, dalam masa-masa menjelang pilpres ini, penting untuk saling menjaga komunikasi antar pemangku wilayah. “Tentu masyarakat perlu mendapatkan informasi yang benar, sehingga kondusivitas wilayah bisa terjaga. Ini tentu menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama”, pungkas bupati diakhir amanatnya

0 Komentar


    Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar