KOMISI B PANTAU OPERASI PASAR LPG 3 KG

KOMISI B PANTAU OPERASI PASAR LPG 3 KG

       Kamis 16 September 2016 Komisi B DPRD Kabupaten Kudus memantau pelaksanaan  operasi pasar LPG 3 kg di halaman Kantor Kecamatan Bae. Ketua Komisi B, H. Muhtamat dengan didampingi beberapa anggota Komisi B menerangkan bahwa kelangkaan tabung gas melon layak ditelusuri penyebabnya. Bersama Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus, melakukan tinjauan ke beberapa pangkalan. Ternyata banyak lokasi yang berlebihan dibanding jumlah Kartu Keluarga. Sehingga kemungkinan dijual ke pengecer. Idealnya pangkalan melayani masyarakat berdasarkan jumlah Kartu Keluarga. Jika ada pangkalan besar namun kebutuhan masyarakat sudah tertampung semua, sebaiknya membuka pangkalan lagi. Pangkalan itu ditempatkan di wilayah yang dirasa kurang. H. Muhtamat mendesak penyebaran pangkalan segera direalisasikan maksimal akhir bulan ini. Pangkalan-pangkalan seharusnya tidak diperbolehkan ke pengecer, hanya melayani rumah tangga di wilayah pangkalan tersebut.

       Kepala Bidang Perdagangan Sofyan Dhuhri mengatakan ada 725 pangkalan. Jumlah itu masih kurang untuk pemenuhan LPG 3 kg. Dinas Perdagangan sudah ada data-data dan segera dibicarakan dengan agen terkait pemerataan pangkalan. Dan jika pangkalan tidak mau diatur, sanksi yang diberikan pengurangan alokasi LPG dan ini sudah disepakati dengan  Pertamina saat rapat di DPRD dengan Komisi B. Selain pengawasan operasi pasar, Komisi B DPRD Kabupaten Kudus melanjutkan sidak ke rumah makan dan hotel. Hotel dan rumah makan yang masih menggunakan LPG melon juga harus ditindak. Sosialisasi agar warga mampu beralih ke LPG nonbersubsidi perlu digencarkan. Terlebih sekarang banyak pilihan tabung LPG dari Pertamina yang berukuran 5,5 kg dan 12 kg.

     Sales Representative Rayon IV Gas Domestik PT Pertamina Region III, Agung Nur Hananto Putro menyambut baik usulan penataan persebaran dan penambahan jumlah pangkalan. Dan juga mendorong agar Pemerintah Desa juga membentuk BUMDes (Badan usaha Milik Desa) untuk menjadi pangkalan LPG sehingga distribusi semakin merata.  (humas dprd)

0 Komentar


    Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar