APBD 2017 HASIL EVALUASI GUBERNUR JAWA TENGAH

APBD 2017 HASIL EVALUASI GUBERNUR JAWA TENGAH

     Rabu, 21 Desember 2016. DPRD Kabupaten Kudus menggelar rapat paripurna Laporan Penyempurnaan Ranperda APBD Kabupaten Kudus TA 2017 berdasarkan Hasil Evaluasi Gubernur Jawa Tengah

    Hadir pada kesempatan itu Komandan Kodim 0722 Kudus; Kepala Kepolisian Resor Kudus; Kepala Kejaksaan Negeri Kudus; Para Wakil Ketua dan segenap Anggota DPRD Kabupaten Kudus, Sekretaris Daerah, Plt. Sekretaris DPRD, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala Badan, Inspektur, Dinas, Kantor, Bagian, Camat, Direktur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Para Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Kudus.

     Disampaikan Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 910 / 180 / 2016 tanggal 16 Desember 2016, tentang Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kudus  tentang  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2017, dan Rancangan Peraturan Bupati Kudus tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2017,  telah disampaikan  kepada Bupati Kudus dan Ketua  DPRD Kabupaten Kudus, dan diterima oleh Ketua DPRD pada  tanggal  19 Desember  2016.

     Selanjutnya berdasarkan ketentuan pasal 52 Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan ketentuan pasal 114 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, serta ketentuan pasal 117 ayat (6), ayat (7), dan ayat (8) Peraturan Tata Tertib DPRD Kabupaten Kudus, pada intinya menyebutkan bahwa :

     ”Penyempurnaan hasil evaluasi Ranperda dilakukan oleh Bupati dan Badan Anggaran DPRD yang kemudian hasil penyempurnaannya ditetapkan dengan Keputusan Pimpinan DPRD dan dilaporkan pada rapat paripurna berikutnya. Selanjutnya Keputusan Pimpinan DPRD dimaksud digunakan sebagai dasar penetapan Peraturan Daerah tentang  APBD paling lama 3 (tiga) hari setelah keputusan tersebut ditetapkan”.

     Sebagai tindak lanjut, telah dilaksanakan rapat kerja Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kudus dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pada hari rabu tanggal 21 Desember 2016 (tadi siang), membahas penyempurnaan Ranperda tentang APBD Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2017 berdasarkan hasil evaluasi Gubernur Jawa Tengah.

      Hasil pembahasan penyempurnaan Ranperda sebagaimana tersebut di atas, telah dituangkan dalam Keputusan Pimpinan DPRD Kabupaten Kudus Nomor 172/04/2016 tanggal 21 Desember 2016, dan akan dilaporkan oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Kudus dalam rapat paripurna ini, yang selanjutnya akan dijadikan sebagai dasar penetapan Rancangan Peraturan Daerah tentang  APBD Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2017.

      Selanjutnya berdasarkan ketentuan pasal 122 ayat (5) dan ayat (10) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagaimana diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011, pada intinya menyebutkan bahwa :

      ”Jumlah belanja yang dianggarkan dalam APBD merupakan batas tertinggi untuk setiap pengeluaran belanja daerah, dengan menggunakan prinsip hemat, efektif, efisien, dan dalam pelaksanaannya  agar disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”.

 Pada kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kudus  Bp. Drs. H. Ilwani untuk membacakan laporan.(Humas)

 

 

garuda1

 

PIMPINAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN KUDUS
PROVINSI JAWA TENGAH

KEPUTUSAN PIMPINAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KABUPATEN KUDUS

NOMOR 172/04/2016

TENTANG

PENYEMPURNAAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN KUDUS TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH
KABUPATEN KUDUS TAHUN ANGGARAN 2017 BERDASARKAN
HASIL EVALUASI GUBERNUR JAWA TENGAH

PIMPINAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KABUPATEN KUDUS,

 

Menimbang     : a s.d. c dan seterusnya;

Mengingat       : 1 s.d 7 dan seterusnya;

                                                                                        MEMUTUSKAN :

Menetapkan    :

KESATU          : Penyempurnaan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kudus tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2017                                       Berdasarkan Hasil Evaluasi Gubernur Jawa Tengah sebagaimana terlampir yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari keputusan ini.

KEDUA            : Menyampaikan keputusan ini kepada Bupati Kudus sebagai dasar penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kudus tentang Anggaran Pendapatan dan                                 Belanja Daerah Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2017 menjadi Peraturan Daerah.

KETIGA           : Keputusan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

                                                                                                                                     Ditetapkan di Kudus
                                                                                                                                     pada tanggal 21 Desember 2016


                                                         PIMPINAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
                                                                                    KABUPATEN KUDUS
                                                                                              Ketua,
                                                                                                ttd
                                                                                             MASAN
 






                                                   Wakil Ketua,                     Wakil Ketua,                   Wakil Ketua,
                                                         ttd                                      ttd                                         ttd
                                                     ILWANI                           NUR HUDI                   DEDHY PRAYOGO

 

 

 

 

                                                                                                         Lampiran II : KEPUTUSAN PIMPINAN DEWAN

                                                                                                                                    PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

                                                                                                                                    KABUPATEN KUDUS

                                                                                                             Tanggal  : 21 Desember 2016

                                                                                                             Nomor    :  172/04/2016  

 

PEMERINTAH KABUPATEN KUDUS

RINGKASAN RANCANGAN APBD

TAHUN ANGGARAN 2017

 

NO URAIAN RAPBD SEBELUM EVALUASI GUBERNUR +/- EVALUASI GUBERNUR RAPBD SESUDAH EVALUASI GUBERNUR
1 PENDAPATAN 1.560.010.942.000,00 258.038.523.000,00 1.818.049.465.000,00
1.1 PENDAPATAN ASLI DAERAH 288.227.761.000,00 - 288.227.761.000,00
1.1.1 Pendapatan Pajak Daerah 82.176.003.000,00 0,00 82.176.003.000,00
1.1.2 Hasil Retribusi Daerah 19.703.455.000,00 0,00 19.703.455.000,00
1.1.3 Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan 6.437.701.000,00 0,00 6.437.701.000,00
1.1.4 Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah 179.910.602.000,00 0,00 179.910.602.000,00
1.2 DANA PERIMBANGAN 1.059.715.114.000,00 235.573.389.000,00 1.295.288.503.000,00
1.2.1 Bagi Hasil Pajak/Bagi Hasil Bukan Pajak 237.561.343.000,00 0,00 237.561.343.000,00
1.2.2 Dana Alokasi Umum 822.153.771.000,00 0,00 822.153.771.000,00
2.2.3 Dana Alokasi Khusus - 235.573.389.000,00 235.573.389.000,00
1.3 LAIN-LAIN PENDAPATAN DAERAH YANG SAH 212.068.067.000,00 22.465.134.000,00 234.533.201.000,00
1.3.1 Hibah      
1.3.3 Dana Bagi Hasil Pajak dari Provinsi dan Pemerintah Daerah Lainnya 123.345.920.000,00 0,00 123.345.920.000,00
1.3.4 Dana Penyesuaian dan Otonomi Khusus 88.722.147.000,00 22.465.134.000,00 111.187.281.000,00
2.3.5 Bantuan Keuangan dari Provinsi atau Pemerintah Daerah Lainnya      
2 BELANJA 1.689.698.638.000,00 258.038.523.000,00 1.947.737.161.000,00
2.1 BELANJA TIDAK LANGSUNG 922.118.003.000,00 202.640.110.000,00 1.124.758.113.000,00
2.1.1 Belanja Pegawai 670.862.376.000,00 178.574.976.000,00 849.437.352.000,00
2.1.2 Belanja Bunga - 0,00 -
2.1.4 Belanja Hibah 40.200.236.000,00 0,00 40.200.236.000,00
2.1.5 Belanja Bantuan Sosial 5.077.780.000,00 0,00 5.077.780.000,00
2.1.6 Belanja Bagi Hasil kepada Provinsi/Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa 10.187.948.000,00 0,00 10.187.948.000,00
2.1.7 Belanja Bantuan Keuangan kepada Provinsi/Kabupaten/Kota dan Pemerintahan Desa 192.789.663.000,00 24.065.134.000,00 216.854.797.000,00
2.1.8 Belanja Tidak Terduga 3.000.000.000,00 0,00 3.000.000.000,00
2.2 BELANJA LANGSUNG 767.580.635.000,00 55.398.413.000,00 822.979.048.000,00
2.2.1 Belanja Pegawai 35.877.149.000,00 (90.986.000,00) 35.786.163.000,00
2.2.2 Belanja Barang dan Jasa 352.910.479.000,00 15.943.465.000,00 368.853.944.000,00
2.2.3 Belanja Modal 378.793.007.000,00 39.545.934.000,00 418.338.941.000,00
  SURPLUS / (DEFISIT) (129.687.696.000,00) - (129.687.696.000,00)
3.1 PENERIMAAN PEMBIAYAAN DAERAH 131.293.696.000,00 - 131.293.696.000,00
3.1.1 Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Anggaran Sebelumnya 131.293.696.000,00 0,00 131.293.696.000,00
3.2 PENGELUARAN PEMBIAYAAN DAERAH  1.606.000.000,00 - 1.606.000.000,00
3.2.2 Penyertaan Modal (Investasi) Pemerintah Daerah 1.606.000.000,00 0,00 1.606.000.000,00
3.2.3 Pembayaran Pokok Utang      
  PEMBIAYAAN NETTO 129.687.696.000,00 - 129.687.696.000,00
  SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN TAHUN BERKENAAN - - -

 

 

 

 

0 Komentar


    Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar