DPRD KABUPATEN KUDUS  SETUJUI PERUBAHAN APBD KABUPATEN KUDUS TA 2017

DPRD KABUPATEN KUDUS SETUJUI PERUBAHAN APBD KABUPATEN KUDUS TA 2017

    Akhirnya Perubahan APBD Kabupaten Kudus TA 2017 ditandatangani dalam Rapat Paripurna    20 Oktober 2017 yang dipimpin langsung oleh Masan, SE, MM selaku Ketua DPRD Kabupaten Kudus. Hadir pada kesempatan itu Bp. Nur Hudi, SH (Wakil Ketua DPRD), Bupati Kudus dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus dan sejumlah PImpinan OPD.

    Dengan kehadiran Anggota DPRD yang berjumlah 36 orang dari jumlah anggota DPRD sebanyak 45 orang rapat paripurna yang merupakan rapat paripurna ke 18 ini telah memenuhi quorum.

Sesuai dengan Tatib DPRD Kab. Kudus berdasarkan ketentuan pasal 112 ayat 4) huruf a angka 1 yang pada intinya menyebutkan bahwa :

pengambilan keputusan dalam rapat paripurna yang didahului dengan penyampaian laporan pimpinan komisi yang berisi proses pembahasan, pendapat fraksi dan hasil pembicaraan dalam rapat kerja komisi”.

    Dalam proses pembahasan Perubahan APBD TA 2017 tersebut melalui pembahasan di Badan Anggaran. Di mana Badan Anggaran mempunyai tugas antara lain memberi saran dan pendapat kepada Bupati dalam mempersiapkan ranperda tentang Perubahan APBD dan ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD, serta melakukan penyelarasan terhadap hasil pembahasan komisi-komisi dalam pembahasan RAPBD dan perubahan APBD untuk disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

    Salah satu kesimpulan dari rapat Badan Anggaran tsb bahwa dari hasil pembahasan komisi-komisi terjadi defisit anggaran yang tidak bisa dipenuhi kemampuan keuangan daerah, sehingga dilakukan pembahasan ulang di masing-masing komisi untuk disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Selanjutnya komisi-komisi menindaklanjuti sesuai dengan penyelarasan Badan Anggaran.

Hasilnya dilaporkan dalam rapat paripurna 20 Oktober 2017.

Adapun masing –masing komisi lewat juru bicaranya menyampaikan laporannya.

Komisi A dengan juru bicara Bp Mardijanto, SE, MH (Ketua Komisi A);

Komisi B dengan juru bicaranya Bp. Ngateman, SPd (Anggota Komisi B);

Komisi C dengan juru bicara Bp Sunarto, SH, MH (Anggota Komisi C)

dan Komisi D dengan juru bicara Bp. Agus Imakudin, S.Kom, MM (Wakil Ketua Komisi D).

Setelah penyampaian Laporan Komisi-komisi dilanjutkan penandatanganan Rancangan :

  1. Keputusan DPRD tentang Persetujuan atas Ranperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Kudus TA 2017;
  2. Berita Acara Persetujuan Bersama Bupati Kudus dan DPRD Kabupaten Kudus tentang Ranperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Kudus TA 2017.

Rekapitulasi hasil Laporan Komisi-komisi tsb menjadikan perubahan struktur APBD TA 2017 :

Pendapatan Daerah sebesar Rp. 2.005.360.619.000,-

Belanja Daerah sebesar Rp 2.168.040.915.000,-

Defisit sebesar Rp 162.680.296.000,-

Defisit tsb ditutup Pembiayaan Netto sebesar Rp 162.680.296.000,- sehingga Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan sebesar nol.

    Rapat Paripurna Laporan Komisi-komisi yang dilanjutkan penandatanganan diakhiri dengan sambutan Bupati Kudus H. Musthofa yang pada intinya menyampaikan sangat mengapresiasi telah disahkanna Perubahan APBD 2017, Semoga disisa waktu anggaran 2017 berjalan dengan Baik, Efektif dan Efisien, Sehingga tepat manfaat dan peruntukannya bagi masyarakat di Kudus.

0 Komentar


    Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar