RAPAT PARIPURNA PEMBERHENTIAN KETUA DPRD KABUPATEN KUDUS DAN PENEMPATAN/PERPINDAHAN ANGGOTA FRAKSI GERINDRA DALAM ALAT KELENGKAPAN DPRD KABUPATEN KUDUS

RAPAT PARIPURNA PEMBERHENTIAN KETUA DPRD KABUPATEN KUDUS DAN PENEMPATAN/PERPINDAHAN ANGGOTA FRAKSI GERINDRA DALAM ALAT KELENGKAPAN DPRD KABUPATEN KUDUS

     Rabu, 7 Maret 2018 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus telah menggelar Rapat Paripurna Pemberhentian Ketua DPRD Kabupaten Kudus dan Penempatan/Perpindahan Anggota Fraksi Gerindra dalam Alat Kelengkapan DPRD Kabupaten Kudus yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Drs. Ilwani dengan didampingi dua Wakil Ketua Bp. Agus Wariono dan Bp. Dedhy Prayogo, SE. Rapat Paripurna dihadiri 35 orang Anggota DPRD, Sekretaris DPRD dan Pejabat Struktural di lingkungan Sekretariat DPRD Kabupaten Kudus.

     Rapat Paripurna Pemberhentian Ketua DPRD dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, sebagaimana surat DPC PDI P Nomor 108/Eks/DPC /II/2018 tanggal 12 Februari 2018 perihal Pergantian Ketua DPRD Kabupaten Kudus, menindaklanjuti Surat Pengunduran Diri Saudara Masan, SE, MM selaku Ketua DPRD Kabupaten Kudus Periode 2014-2019 tertanggal 12 Februari 2018, dan Surat Fraksi Partai Gerindra Nomor : 45/FP.GRD/KDS/II/2018 tertanggal 8 Februari 2018 perihal Penempatan Anggota Fraksi yang duduk didalam alat kelengkapan DPRD Kabupaten Kudus.

     Berdasarkan ketentuan Peraturan DPRD Kabupaten Kudus Nomor 1 Tahun 2010 sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2016 tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus Pasal 44 ayat (2) huruf b, dan Ayat (3) huruf b yang intinya disebutkan :

  1. Pimpinan yang berhenti sebelum berakhir masa jabatanya karena mengundurkan diri sebagai pimpinan.
  2. Pemberhentian sebagai Pimpinan DPRD diusulkan oleh Partai Politik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-Undangan.

Berdasarkan Peraturan Tata Tertib DPRD Kabupaten Kudus Pasal 45 ayat (1), (2) dan (3) tersebut bahwa :

  1. Usul Pemberhentian Pimpinan sebagaimana tersebut dalam Pasal 44 dilaporkan dalam rapat paripurna oleh pimpinan yang lainnya;
  2. Pemberhentian pimpinan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPRD;
  3. Pemberhentian Pimpinan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan dengan Keputusan DPRD.

 

 

Berdasarkan ketentuan Pasal 44 ayat (2) dan ayat (3) Tata Tertib DPRD Kabupaten Kudus, disebutkan bahwa :

  1. Pimpinan berhenti dari jabatannya sebelum berakhir masa jabatannya karena mengundurkan diri dari Pimpinan.
  2. Pimpinan diberhentikan dari jabatannya sebagaimana dimaksud ayat (2) huruf d apabila yang bersangkutan diusulkan oleh partai politiknya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Selanjutnya berdasarkan pasal 48 ayat (7) Penempatan dan Pergantian anggota Badan Musyawarah (Banmus) diputuskan dalam Rapat Paripurna atas usul fraksi pada awal tahun anggaran.  Pasal 50 ayat (7) keanggotaan dalam Komisi diputuskan dalam rapat paripurna atas usul fraksi pada awal tahun anggaran. Dan untuk memenuhi ketentuan tersebut, Fraksi Partai Gerindra bermaksud melakukan perubahan kedudukan dalam alat kelengkapan dengan surat Nomor. 45/FP.GRD/KDS/II/2018 tertanggal 8 Februari 2018 perihal Penempatan Anggota Fraksi yang duduk dalam alat kelengkapan DPRD Kabupaten Kudus sebagai berikut :

  1. Anggota Badan Musyawarah (Banmus) yang semula diduduki oleh Sdri. Luwis Junaiti, A. Md selanjutnya digantikan oleh Sdr. Ahmad Fatkhul Azis, SH.
  2. Keanggotaan dalam Komisi-komisi :

  • Komisi A yang semula diduduki oleh Sdr. Kusma Hendriyanto, SH selanjutnya digantikan Sdri. Luwis Junaiti, A. Md.
  • Komisi B yang semula diduduki oleh Sdr. Agus Wariono selanjutnya digantikan oleh Sdr. Nur Hudi, SH.
  • Komisi D yang semula diduduki oleh Sdri. Luwis Junaiti, A. Md selanjutnya diduduki oleh Sdr. Kusma Hendriyanto, SH.

Selanjutnya secara administatif akan ditindaklanjuti dengan penetapan Keputusan DPRD tentang :

  1. Perubahan kelima atas lampiran Keputusan DPRD Kabupaten Kudus Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pembentukan Komisi-komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus;
  2. Perubahan keenam atas lampiran Keputusan DPRD Kabupaten Kudus Nomor 10 Tahun 2014 tentang Pembentukan Badan Musyawarah Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah Kabupaten Kudus;

dan akan ditandatangani oleh Pimpinan Rapat.

     Rapat paripurna diakhiri penandatangan Keputusan DPRD Kabupaten Kudus tentang pemberhentian Ketua DPRD Kabupaten Kudus periode 2014-2019 An. Bp. Masan, SE, MM oleh Pimpinan rapat Bp. Drs. Ilwani dengan disaksikan para Wakil Ketua DPRD dan Sekretaris DPRD Kabupaten Kudus.

0 Komentar


    Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar