Jumat, 27 Juli 2018 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus telah menggelar tiga Rapat Paripurna

Jumat, 27 Juli 2018 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus telah menggelar tiga Rapat Paripurna

1. Laporan Komisi-komisi dilanjutkan penandatanganan rancangan :

     1)   Keputusan DPRD tentang Persetujuan atas Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2017.

     2)   Berita Acara Persetujuan Bersama Bupati Kuuds dan DPRD Kabupaten Kudus tentang Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2017.  

2. Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Akhir Masa Jabatan Bupati Periode 2013-2018.

3. Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kudus Terpilih Tahun 2018.

     Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Achmad Yusuf Roni dengan didampingi tiga Wakil Ketua Bp. Drs. H.Ilwani, Bp. Agus Wariono dan Bp. Dedhy Prayogo, SE. Rapat Paripurna dihadiri Bupati Kudus, para Anggota DPRD, Unsur Forkopinda, Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Penjabat Sekretaris Daerah, Sekretaris DPRD serta Kepala OPD.  

     Dalam sambutan Rapat paripurna Laporan Komisi-komisi, Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Achmad Yusuf Roni menyampaikan bahwa berdasarkan ketentuan pasal 112 ayat (3) huruf c Peraturan Tata Tertib DPRD Kabupaten Kudus pada intinya menyebutkan bahwa :

“Pembicaraan Tingkat I antara lain meliputi pembahasan dalam rapat komisi yang dilakukan dengan Bupati atau pejabat yang ditunjuk”.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas pada hari Selasa tanggal 17 s/d 20 Juli 2018 dan tanggal 23 s/d. 26 Juli 2018 Komisi-komisi DPRD Kabupaten Kudus telah mengadakan rapat kerja dengan Pimpinan SKPD terkait guna membahas Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2017 sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

Selanjutnya berdasarkan Peraturan Tata Tertib DPRD Kabupaten Kudus pada ketentuan pasal 112 ayat (4) huruf a angka 1 pada intinya menyebutkan bahwa :

“Pengambilan keputusan dalam rapat paripurna yang didahului dengan penyampaian laporan pimpinan komisi yang berisi proses pembahasan, pendapat fraksi dan hasil pembicaraan dalam rapat kerja komisi”.

Berdasarkan ketentuan pasal 241 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimaa diubah dengan Undang-undang Nomor 9 Tahun 2015, yang pada intinya menyebutkan bahwa :

“Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk mendapat Persetujuan Bersama”.

Kemudian berdasarkan ketentuan pasal 112 ayat (1) Peraturan Tata Tertib DPRD Kabupaten Kudus pada intinya menyebutkan bahwa :

“Ranperda  yang berasal dari Bupati dibahas oleh DPRD dan Bupati untuk mendapat persetujuan bersama”.

     Dalam penyampaian Laporan Komisi-komisi, Komisi A disampaikan oleh Bp. Mardijanto, SE, MH, Komisi B disampaikan oleh Bp. Ngateman, S.Pd, Komisi C disampaikan oleh Bp. H. Sunarto, SH, MM dan Komisi D disampaikan oleh Bp. Agus Imakudin, S.Kom, MT.

Selanjutnya dalam Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Akhir Masa Jabatan Bupati Periode 2013-2018 Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Achmad Yusuf Roni menyampaikan bahwa berdasarkan ketentuan pasal 79 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada intinya menyebutkan bahwa : Pemberhentian Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah yang berhenti karena berakhir masa jabatannya diumumkan oleh Pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh Pimpinan DPRD kepada Menteri melalui Gubernur untuk mendapatkan penetapan pemberhentian Akhir Masa Jabatan.

Di dalam penjelasan pasal tersebut di atas, dijelaskan bahwa yang dimaksud “diumumkan oleh pimpinan DPRD” dalam ketentuan ini tidak dimaksudkan untuk mengambil keputusan baik oleh pimpinan DPRD maupun oleh paripurna. Sehingga rapat paripurna yang sesuai dengan ketentuan di atas adalah Rapat Paripurna Istimewa. Hal ini sesuai dengan ketentuan pasal 69 ayat (3) Peraturan tata Tertib DPRD Kabupaten Kudus yang menyebutkan bahwa Rapat Paripurna Istimewa merupakan rapat anggota yang dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua untuk melaksanakan acara tertentu dan tidak mengambil keputusan.

Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Achmad Yusuf Roni menyampaikan atas nama Pimpinan DPRD dan masyarakat Kabupaten Kudus  mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dr.H. Musthofa, SE. MM atas darma baktinya dalam memimpin Kabupaten Kudus selama satu dasa warsa menjadi amal ibadah jariyah yang dapat bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan agama, serta mendapatkan kesuksesan dalam memberikan pengabdian-pengabdian kepada masyarakat yang lebih tinggi. 

     Dalam Rapat Paripurna Istimewa Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kudus Terpilih Tahun 2018 Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Achmad Yusuf Roni menyampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus Nomor : 56/PL. 03.6-Kpt/3319/KPU-Kab/VII/018 tanggal 4 Juli 2018 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus 2018, pasangan Sdr. Ir. H. Muhammad Tamzil, MT dan Sdr. H. M. Hartopo, ST, MM, MH telah memperoleh suara terbanyak dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sehingga perlu ditetapkan sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Tahun 2018 untuk Periode masa bakti 2018-2023.

Selanjutnya sesuai dengan surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : SE.120/2033/OTDA tanggal 22 Maret 2017 tentang Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Walikota/Wakil Walikota, bahwa :

  • DPRD Kabupaten/Kota mengumumkan dalam Rapat Paripurna Istimewa hasil Penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.
  • Surat penyampaian dari DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur terkait usulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih serta usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Periode sebelumnya.  

Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Achmad Yusuf Roni menyampaikan atas nama Pimpinan DPRD dan masyarakat Kabupaten Kudus  mengucapkan terima kasih dan selamat atas ditetapkannya pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kudus terpilih tahun 2018 Bapak Ir. H. Muhammad Tamzil, MT dan Bapak HM. Hartopo, ST, MM, MH.  (humas dprd)

 

0 Komentar


    Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar