RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD KABUPATEN KUDUS  MENDENGARKAN PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN RI  DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT KE 73 KEMERDEKAAN RI TAHUN 2018  DAN PENYAMPAIAN PENGANTAR/ KETERANGAN PEMERINTAH ATAS RANCANGAN UNDANG-UNDANG TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA TAHUN ANGGARAN 2019 BESERTA NOTA KEUANGANNYA.

RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD KABUPATEN KUDUS MENDENGARKAN PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN RI DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT KE 73 KEMERDEKAAN RI TAHUN 2018 DAN PENYAMPAIAN PENGANTAR/ KETERANGAN PEMERINTAH ATAS RANCANGAN UNDANG-UNDANG TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA TAHUN ANGGARAN 2019 BESERTA NOTA KEUANGANNYA.

     Kamis, 16 Agustus 2018 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus telah menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kudus Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka Memperingati Hut Ke 73 Kemerdekaan RI Tahun 2018  dan Penyampaian Pengantar/ Keterangan Pemerintah Atas Rancangan Undang-Undang Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019 Beserta Nota Keuangannya yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Achmad Yusuf Roni dengan didampingi tiga Wakil Ketua Bp. Drs. H. Ilwani, Bp. Agus Wariono dan Bp. Dedhy Prayogo, SE. Rapat Paripurna dihadiri Plh. Bupati Kudus, Unsur Forkopinda, Calon  Wakil Bupati Terpilih Tahun 2018, para Anggota DPRD, Sekretaris DPRD, Kepala OPD, Camat serta Instansi Vertikal / BUMN/ BUMD/ Perguruan Tinggi/ KPU/ Asuransi.

     Dalam sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Achmad Yusuf Roni menyampaikan bahwa setiap menjelang HUT Kemerdekaan RI, Presiden menyampaikan Pidato Kenegaraan di depan Sidang bersama DPD dan DPR RI. Hal ini sesuai dengan ketentuan pasal 288 dan pasal 293 Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, yang pada intinya menyebutkan bahwa : “Tahun Sidang DPR dan DPD dimulai pada tanggal 16 Agustus”, apabila tanggal 16 Agustus jatuh pada hari libur, maka pembukaan tahun sidang dilakukan pada hari kerja sebelumnya. Dan “sebelum pembukaan Tahun Sidang, anggota DPR dan DPD mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden dalam Sidang bersama yang diselenggarakan DPR dan DPD secara bergantian”.

    Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Achmad Yusuf Roni juga menyampaikan marilah kita syukuri nikmat kemerdekaan bangsa dengan mewujudkan tekad sebagaimana tersurat dan tersirat dalam tema peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI Tahun 2018 ini yaitu :” Kerja Kita Prestasi Bangsa”. Marilah kita bekerja keras mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan pembangunan di segala bidang, sehingga dapat terwujud Masyarakat Kudus yang semakin sejahtera.

     Pidato Kenegaraan pada Hari Ulang Tahun ke 73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 yang akan disampaikan oleh Presiden RI mempunyai arti yang sangat penting bagi segenap bangsa Indonesia, karena melalui Pidato kenegaraan ini, kita dapat  mendengarkan tentang jalannya roda pemerintahan baik yang sudah, sengan dan akan dilaksanakan.

     Sementara pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kudus Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam Rangka Penyampaian Pengantar/ Keterangan Pemerintah Atas Rancangan Undang-undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera Tahun Anggaran 2019 beserta Nota Keuangannya, Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Achmad Yusuf Roni Menyampaikan bahwa Pidato Kenegaraan Presiden RI ini disampaikan dalam Rapat Paripurna pembukaan Masa Sidang I DPR RI yang dihadiri oleh DPR RI. Kehadiran DPR RI ini berkenaan dengan peran dan fungsi pertimbangan DPR RI sebagaimana dimaksud pasal 22 D ayat (2), dan Pasal 23 ayat (2) Undang Undang Dasar Negera Republik Indonesia Tahun 1945. Amanat konstitusi tersebut diperkuat dengan ketentuan Pasal 174 ayat (2) dan Pasal 249 ayat (1) huruf d Undang Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, bahwa DPR RI mempunyai kewenangan memberikan pertimbangan kepada DPR RI atas RUU-APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan dan agama. Humasdprd

0 Komentar


    Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar