4 RANPERDA DITETAPKAN

4 RANPERDA DITETAPKAN

Kerja DPRD kembali menghasilkan keputusan terhadap 4 (empat) Ranperda Kabupaten Kudus yang telah dibahas panitia khusus yang terbentuk sebelumnya.

Keempat ranperda tersebut adalah :

  1. RPJMD Kabupaten Kudus Tahun 2018-2023
  2. Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Restoran
  3. Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pajak Hiburan
  4. Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang.

Keempat ranperda tersebut ditetapkan pada rapat paripurna kemarin (21/2) setelah ada penundaan karena pada hari dijadwalkannya agenda penetapan tersebut (19/2) Bupati Kudus menghadiri Undangan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara untuk menerima penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi Kabupaten/Kota Wilayah III.

Penundaan rapat paripurna tersebut setelah dilayangkannya surat Bupati Kudus tertanggal 18 Februari 2019 nomor 170/0857/04.00/2019.

Berdasarkan Pasal 54 ayat (2) Peraturan DPRD Kabupaten Kudus Nomor 1 Tahun 2018 adanya penundaan tersebut perlu mendapatkan persetujuan Anggota DPRD.

Pengajuan 14 (empat belas) Ranperda Kabupaten Kudus Tahun 2019 telah dibahas oleh panitia khusus sesuai tugasnya. Dan keempat ranperda tersebut telah mendapatkan persetujuan bersama Bupati dan DPRD Kabupaten Kudus.

Sesuai Pasal 88 ayat(1) Permendagri Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah, sebelum mendapat persetujuan bersama,  maka 10(sepuluh) Ranperda tersebut harus diajukan terlebih dahulu kepada Gubernur untuk mendapatkan fasilitasi.

Setelah pendatangan Rancangan Keputusan dan Berita Acara Persetujuan Bersama, Bupai Kudus memberikan Pendapat Akhir sesuai Peraturan Tata Tertib DPRD Kabupaten Kudus Pasal 112 ayat (4) huruf b Pembicaraan Tk.II.

Dalam sambutannya Bupati Kudus Ir H Muhammad Tamzil, MT menyampaikan terima kasih atas kinerja DPRD Kabupaten Kudus yang telah membahas dan mengesahkan 4 Ranperda, Sehingga bisa bermanfaat bagi jalannya Pemerintahan di Kabupaten Kudus.

Bupati Kudus menegaskan akan segera menindaklanjuti 4 Ranperda yang  telah disahkan dengan membuat Peraturan Bupati (PERBUP) sebagai petunjuk tehnis pelaksanaan.

Sosialisasi juga akan terus dilakukan agar ketentuan-ketentuan dalam Ranperda tersebut bisa diterima oleh masyarakat.

humasdprd

0 Komentar


    Tidak ada Komentar

Tinggalkan Komentar