Pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Kab. Kudus TA.2020 digelar pada Jum’at (18/9). Pandangan umum fraksi-fraksi dilaksanakan dalam Rapat paripurna DPRD Kab. Kudus.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kudus Bp. Masan, SE, MM yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Ibu. Hj. Tri Erna Sulistyawati, SH dan Bp. Sulistyo Utomo, SE. Di hadiri pula Plt. Bupati Kudus HM. Hartopo, ST, MM, MH, Unsur Forkopimda, Sekretaris DPRD, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, serta Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Kudus.

Penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi, diawali dari fraksi PKB. Fraksi Partai Golkar,  Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi PKS, Fraksi Amanat Naional Hanura Demokrat dan Fraksi PDI Perjuangan.  Pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Kab. Kudus TA.2020 diantaranya :

  1. Pandangan umum fraksi PKB yang disampaikan oleh Ibu. Siti Rohmah, A. Md.Keb. diantaranya menyinggung tentang kelangkaan pupuk bagi para petani serta langkah Pemerintah Kabupaten Kudus dalam mendorong terciptanya pemulihan ekonomi.
  2. Pandangan umum Fraksi Partai GOLKAR yang diwakili oleh Bp. H. Anis Hidayat, SH. diantaranya membahas terkait himbauan dan mendorong Pemkab. Kudus untuk melakukan langkah-langkah yang terarah, terukur dan sisematis dalam penanganan pandemi Covid-19.
  3. Sama halnya dengan fraksi PKB pandangan umum dari Fraksi Partai GERINDRA yang disampaikan oleh Bp. Abd. Basith Sitqul Wafa, S.Sos yakni mempertanyakan kelangkaan pupuk bagi petani di Kabupaen Kudus. Selain itu, Fraksi Partai GERINDRA mempertanyakan mengenai bantuan sosial bagi masyarakat.
  4. Pandangan umum Fraksi Partai NASDEM yang diwakili oleh Drs. Mas’ud diantaranya menyarankan agar program pengadaan truck sampah compaktor hendaknya dialihkan ke program LPJU karena masih banyak daerah-daerah yang membutuhkan LPJU.
  5. Pandangan umum Fraksi PKS berharap agar Pemkab. Kudus terus melakukan kreatifitas dalam meningkatkan PAD terlebih dalam situasi pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh Bp. Ruston Harahap dalam penyampaian pandangan umum Fraksi PKS.
  6. Pandangan umum Fraksi AMANAT NASIONAL HANURA DEMOKRAT yang disampaikan oleh Bp. H. Rochim Sutopo, ST,MT diantaranya mempertanyakan adanya penurunan PAD pada sektor retribusi daerah.
  7. Dan yang terakhir, dari Fraksi PDI-PERJUANGAN menyampaikan pandangan umum fraksinya yang disampaikan oleh Bp. Ngateman diantaranya, dengan adanya Kabupaten Kudus menjadi kabupaten dengan penyebaran Covid-19 tertinggi se- Jawa Tengah setelah Kota Semarang maka Pemkab. Kudus diharapkan segera mengadakan pemetaan penyebaran Covid-19 secara optimal.

Dengan disampaikannya pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Kab. Kudus TA.2020 maka untuk selanjutnya akan dijawab oleh Bupati Kudus dalam Rapat Paripurna DPRD Kab. Kudus dengan agenda Jawaban Bupati Kudus terhadap Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Kab. Kudus TA.2020 yang rencananya akan digelar pada Senin (21/9). humasdprd