Gencarkan sosialisasi kepada masyarakat Perwakilan Bea Cukai Kabupaten Kudus bersama Bupati Kudus Dr. HM. Hartopo, ST, MM, MH., dan Ketua DPRD Kabupaten Kudus Masan, SE., MM, Ketua Komisi D H. Mukhasiron, S.Ag. serta Jajaran Forkopimda dan yang mewakili sosialisasikan ketentuan Perundang-undangan di bidang cukai untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ketentuan Perundang-undangan di bidang cukai tersebut, Selasa (7/9/2021).

Dimulai dari desa Bakalan Krapyak dan dilanjutkan di desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus sosialisasi tersebut dijalankan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 206/PMK.07/2020. tentang penggunaan, pemantauan, dan evaluasi dana bagi hasil cukai tembakau.

Seperti yang diketahui, pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) mengalami hambatan akibat adanya refocusing anggaran dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 membuat DBHCHT tidak bisa lagi dialokasikan untuk infrastruktur, sehingga terjadi penurunan dana alokasi umum (DAU).

Dalam hal ini, Masan menyampaikan DBHCHT selain untuk kesehatan masyarakat desa melainkan juga dapat digunakan untuk pelatihan kerja bagi masyarakat terutama pemuda pemudi guna memberikan pengalaman bagi mereka. Terlepas dari hal di atas, Masan tetap mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. (Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Kudus)